Disini saya akan mencoba menjelaskan
cara setting DNS (Domain Name System) server dan DHCP server, kemudian PC
akan menggunakan layanan DNS.
Pertama-tama sediakan dua buah
server, satu buah Switch, dan satu buah PC.
Server 0 akan menjadi DHCP server dan
server 1 akan menjadi DNS server.
Klik pada Server 0 dan pilih menu
Desktop -> IP Configuration. Setting IP sesuai dengan IP dibawah ini.
Setelah itu pilih menu Config ->
DHCP. Klik On, masukkan Default Gateway dan DNS Server seperti yang tadi telah
diinput pada IP Configuration. Setelah itu klik Save.
Hasilnya akan seperti dibawah ini.
Setelah selesai dengan Setting pada
Server 0, sekarang kita akan melakukan setting pada Server 1.
Klik Server 1, klik menu Desktop
-> IP Configuration. Masukkan IP seperti dibawah ini.
Selanjutnya setting IP pada PC. Pilih
menu Desktop -> IP Configuration, klik DHCP. Jika setting Server 0 dan
Server 1 sudah benar maka akan muncul kalimat DHCP request successful.
Masih pada PC, klik menu Desktop
-> Web Browser. Ketikkan IP Address pada Server 0. Jika berhasil maka
tampilannya akan seperti gambar.
Selanjutnya yaitu setting DNS, jika
langkah-langkah diatas telah berhasil dilakukan.
Klik Server 1, masuk ke menu Config ->
DNS. Klik On, kemudian masukkan nama DNS yang diinginkan dan pada Address
masukkan IP dari Server 0.
Lakukan pengecekan lagi dengan cara
klik pada PC -> Web Browser kemudian masukkan nama DNS yang telah diinput.
Tadaaa~ setting DNS sudah berhasil ^^
Demikian cara setting DNS, semoga dapat bermanfaat :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar